Kamis, 16 April 2020

Membahas Retail Salah Satu Perniagaan di Tempat Kita

Mungkin kita jarang mendengar sebuah sebutan retail ketika ini, wajar memang alkeinginannnya kita terbikeinginan dengan bahkeinginan tempat sesampai aneka macam bahkeinginan asing maupun bahkeinginan lainnya yang jarang terdengar akan terdengar baru di pendengaran kita, retail salah satunya, sebuah kata yang mungkin masih tedengar memgundahkan tetapi sudah menjadi lumrah diseuntukan orang. 

retail menurut bahkeinginan berarti pengecer, atau penjual eceran, dikutip dari  kaus besar bahkeinginan indonesia 2008, retail ialah perjuangan bersama dl bidang perniagaan dl jumlah kecil kpd pengguna akhir; sedangkan peretail ialah orang atau pelaku perjuangan bersama dl bidang perniagaan; pengecer.


photo by : www.thesouthafrican.com

wikipedia menyebutkan retail ialah ialah salah satu metode pemkeinginanran produk meliputi semua aktivitas yang melibatkan penjualan barang semetode eksklusif ke konsumen akhir untuk penggunaan pribadi dan bukan urusan ekonomi. organisasi ataupun seseorang yang menjalankan urusan ekonomi ini disebut pula sebagai pengecer. pada praktiknya pengecer melaksanakan pemmudan barang ataupun produk dalam jumlah besar dari produsen, ataupun pengimport baik semetode eksklusif ataupun melalui grosir, untuk kemudian dijual kembali dalam jumlah kecil.
bahkeinginan singkatnya retail ialah toko-toko penjual yang ada di sekeliling tempat kita, mampu juga toko skala besar mirip minimarket yang ketika ini sudah menjalar di aneka macam kota kabupaten, yang artinya retail ialah penjual barang dalam jumlah kecil atau mampu disebut bukan produsen.

ada beberapa jenis retail yang mungkin seringkali kita temui di aneka macam tempat, akungnya kita tidak mengetahui istilah retail untuk mereka, dikutip dari maxmanroe ada beberapa jenis retail berdkeinginanrkan dari untukannya:

1. berdkeinginanrkan kepemilikan.
independent retail firm, yaitu penjual atau pengecer yang eksklusif saja berjualan semetode pribadi. contohnya mirip warung, kios kecil, toko kelontong, pedagang pinggir jalan, pedagang kaki lima, dan banyak jenis lainnya

franchising/ waralaba, yaitu sistem pemkeinginanran dimana suatu perperjuanganan (franchisor) menunjukkan hak kepada pengperjuangan lain (franchisee) untuk melaksanakan sistem perjuangan dengan metode yang telah ditentukan. waralaba mirip ini banyak juga di sekitar kita, mirip alfamart, indomaret, dan aneka macam waralaba lainny

corporat chain, yaitu kelompok perjuangan yang saling terkait dalam satu manajemen dan dimiliki oleh beberapa pemegang saham. contohnya matahari, giant, hipermart, transmart, dan banyak lainnya.

2. berdkeinginanrkan barang yang dijual 

a. product retailing
department store (toserba), yaitu perperjuanganan pengecer yang memiliki pegawai setidaknya 25 orang dan menjual baju dan peralatan rumah tangga sebanyak 20% atau lebih dari total penjualan.

specialty store, yaitu perperjuanganan pengecer yang fokus menjual jenis produk tertentu. misalnya toko komputer, toko mainan anak, toko sepatu olah raga

catalog showroom, yaitu pengecer yang menjual merek lokal dengan harga rendah dimana area perbelanjaannya kecil dan berdekatan dengan tempat pajangan ecerannya

food and drug retailer, yaitu pengecer yang menjual produk makanan/ minuman dan juga obat-obatan dalam jumlah besar dengan harga rendah.

b. service retailing

rented goods service, yaitu pengecer yang menyewakan produk-produk tertentu kepada konsumen dimana kepemilikan produk tetap ada pada retailer. misalnya penyewaan apartemen, kendaraan beroda empat, carpet cleaner, dan lainnya

owned goods service, yaitu pengecer yang menjual jkeinginan reparasi/ perbaikan dan perawatan barang-barang tertentu. misalnya jkeinginan perbaikan (jam tangan, kendaraan beroda empat, sepeda motor, komputer, dan lainnya), jkeinginan perawatan taman, cuci kendaraan beroda empat, dry cleaning, dan lainnya

non goods service, yaitu pengecer yang menjual jkeinginan personal yang sifatnya intangible (tidak berbentuk produk fisik). misalnya supir, tour guilham, baby sitter, dan lainnya.
ada banyak contoh retail yang ada di sekitar kita;

0 on: "Membahas Retail Salah Satu Perniagaan di Tempat Kita"