Rabu, 24 Oktober 2018

Cara Menyimpan Sepatu Dengan Tepat


Jika Anda kolektor sepatu, tentulah tahu tentang cara penyimpanan yang tepat. Menyimpan sepatu bisa berdasarkan bahannya. Penyimpanan yang tepat bisa memperpanjang umur sepatu dan akan membuat anda tak malu menggunakannya walaupun sudah cukup lama dibeli. Merek sepatu apapun yang anda beli, tapi kalau tidak tahu cara merawatnya maka, akan percuma saja. Sebab, sepatu yang tidak dirawat bisa cepat rusak. 

Sangat penting bagi anda mengetahui cara menyimpan sepatu yang tepat. Jika anda menyimpannya dengan baik, maka ketika sewaktu-waktu anda pakai, sepatu tetap terlihat bagus dan masih enak dipandang. Bagi yang belum tahu cara merawat sepatu dan menyimpannya dengan benar, simak ulasan di bawah ini!

Bersihkan Sepatu Terlebih Dahulu
Sebelum menyimpan sepatu, anda harus membersihkan sepatu terlebih dahulu jangan simpan dalam kondisi kotor. Karena kotoran bisa merusak sepatu apalagi dibiarkan terlalu lama. Selain membersihkan sepatu, anda harus memastikan sepatu dalam kondisi kering dan berkilau. 

Susun sepatu sesuai keperluan dan musim
Mulai sekarang, anda hindari menyimpan sepatu hanya dengan menumpuk atau meletakkannya begitu saja. Tapi, cobalah urutkan sepatu berdasarkan keperluan dan musim secara rapi agar sepatu tetap terjaga dengan baik. Sepatu formal diletakkan bersama sepatu formal, sepatu musim hujan diletakkan bersama sepatu musim hujan dan lainnya. 

Pastikan tempat atau ruang penyimpanan bersuhu stabil
Anda harus memastikan sepatu disimpan pada ruangan bersuhu stabil dan tidak terpapar sinar matahari langsung, terutama berlaku pada merek sepatu kulit. Simpan saja di lemari atau kalau tidak ada tempat atau rak, bisa meletakkannya di bawah tepat tidur. Hindari menyimpan sepatu di garasi mobil, ruang bawah tanah atau ruang lainnya dengan suhu berubah-ubah atau bersuhu ekstrim.

Isi sepatu dengan kertas
Kalau anda menyimpan sepatu dalam waktu lama, maka isi sepatu dengan kertas. Tapi, kertas tersebut harus tidak mengandung asam. Fungsi kertas ini adalah agar bentuk sepatu tidak berubah. Atau kalau bisa simpan kertas isi sepatu yang ada sejak membeli. Jangan gunakan kertas koran karena tinta pada koran dapat menempel di sepatu dan menyebabkan kerusakan. Pilih kertas tisu toilet saja atau alat khusus dari kayu. 

Untuk sepatu boots, simpan terbalik
Jika anda menyimpan sepatu boots, maka simpanlah dengan posisi terbalik. Atau jika ada gantungan khusus, lebih baik gantung dengan posisi terbaik. Karena kalau disimpan dalam posisi berdiri, bagian atasnya bisa turun dan akan menyebabkan bekas lipatan. Alternatif lainnya, anda dapat menggunakan botol kosong yang cukup besar untuk menyimpan sepatu boots terbalik.

Gunakan rak sepatu
Agar sepatu rapi, anda bisa menggunakan rak sepatu untuk menyusun dan menyimpan sepatu dengan baik. Pilih rak berbahan kayu dan plastik, lalu kelompokkan berdasarkan jenis dan keperluannya.
Simpan sepatu di kantung yang dapat digantung
Kalau tidak ada ruang penyimpanan khusus, anda dapat menggunakan kantung sepatu yang peletakkannya bisa digantung pada dinding. Langkah ini cukup menghemat ruangn dan rapi. Biasanya merk sepatu berkualitas, menyediakan kantung sepatu khusus. 

Simpan pada kotak saat membeli
Alangkah baiknya jika menyimpan sepatu di kotak atau kardus asalnya saat membeli. Pastikan masih mengandung bubuk pengawet, sehingga sepatu lebih bertahan lama. Cara ini bisa untuk menyimpan dalam waktu lama.
Itulah cara menyimpan sepatu dengan benar. Jika ingin membeli sepatu, anda bisa memperhatikan merk sepatu lokal. Sebab, dengan membeli sepatu lokal anda berarti mendukung kemajuan UMKM dalam negeri.

0 on: "Cara Menyimpan Sepatu Dengan Tepat "