Selasa, 30 Januari 2018

Tumbuh Kembang Bayi 4 Bulan

foto:teguhiw.me

Saat bayi Anda mencapai empat bulan, perutnya telah tumbuh lebih besar sehingga dia tidak perlu sering makan, mungkin hanya 3-4 kali sehari. Walau begitu, dia masih akan bertambah berat badannya. Tumbuh kembang bayi 4 bulan merupakan masa-masa yang sangat indah dan harus Anda perhatikan hari demi hari. Perhatiannya akan mulai tertarik pada orang lain dan hal-hal lain selama waktu makan, si kecil akan susah diberi makan.

Pada usai 3 bulan, bayi Anda sudah berusaha meraih benda-benda yang dilihatnya. Dia juga sudah mulai menirukan orang berbicara baik vokal maupun konsonan, hanya saja mungkin belum jelas. Sedangkan di usia yang ke 4 bulan, dia sudah mulai senang bermain sendiri. Dia akan meraih benda-benda yang menarik perhatian itu menandakan bahwa koordinasi tangan serta penglihatannya semakin membaik. Mata dia mampu mengikuti pergerakan dan perpindahan benda. 

Tumbuh kembang bayi 4 bulan lebih banyak lagi, dia lebih aktif bergerak kesana kemari, berguling-guling di tempat tidur. Maka dari itu, Anda harus membuat lingkungan yang nyaman dan aman untuk nya. Tempatkanlah pengaman terutama di kasurnya, tempatkan tumpukan bantal supaya tidabrk terjatuh. Bila dia mengubah posisinya berikan pujian agar dia mengulangi gerakannya tersebut, sehingga otot-ototnya semakin terlatih. 

Untuk melatihnya dalam berbicara, cobalah untuk mengulang kata-kata vokal yang sering dia ucapkan seperti baba-baba, mama-mama, papa-papa dan lain sebagainya. Pada tumbuh kembang bayi 4 bulan, dia sudah bisa tersenyum spontan ketika melihat orang atau benda yang menarik perhatiannya. Sementara dalam bidang sosial, si kecil sudah mampu mengekspresikan apa yang dia rasakan. Ketika dia senang bermain dengan orang lain akan tertawa dan bila bersedih, dia akan menangis. 

Bahkan mungkin dia sering menangis sambil mengungkapkan yang dirasakannya. Di usia ini memang lambungnya lebih besar daripada sebelumnya dan frekuensi menyusu berkurang. sekali minum, dia memenuhi perutnya sampai kenyang. Dalam memenuhi kebutuhan nutrisi alami untuk bayi Anda, ASI pun berubah mengandung lebih banyak mineral dan lemak. Perkembangannya cukup signifikan dan mendampinginya di usia yang keempat bulan bisa menjadi momen tak terlupakan.
Selama beraktivitas, ajaklah mengobrol agar dia mau mengkomunikasikan apa yang dia rasakan. Ungkapan kata-kata yang jelas, sehingga saat dia bisa bicara nanti tidak mengucap huruf-huruf yang salah. Jangan hanya menuruti kemauannya, tapi juga perhatikan kesalahan yang dia perbuat dan laranglah bila memang itu salah.

0 on: "Tumbuh Kembang Bayi 4 Bulan"