Rabu, 24 Januari 2018

Tips Menata Dapur Minimalis Agar Nampak Lebih Luas


foto:hipwee.com


Dapur adalah salah satu bagian rumah yang tak kalah pentingnya dengan ruang tamu. Dapur merupakan ruangan untuk menghasilkan makanan yang lezat dan begizi bagi semua keluarga. Bagi seorang ibu rumah tangga, mereka menghabiskan sebagian besar waktunya di dapur. Jadi, sangat penting membuat dapur nyaman dan menyenangkan. Dalam menata dapur minimalis, kamu harus memperhatikan ruang gerak penggunanya. 

Jika rumah kamu kecil, tentulah dapurnya juga sempit. Kamu harus pandai mengaturnya agar kelihatan . Sekarang sudah banyak pilihan kitchen set untuk ruangan minimalis. Sehingga, kamu bisa mengaplikasikannya ke dapur yang kecil. Setelah memilih kitchen set, kamu juga harus mempertimbangkan hal lainnya untuk membuat dapur menjadi ruangan terbaik. Berikut beberapa tips menata dapur minimalis supaya terlihat lebih luas :

Tentukan desain awal
Ketika kamu mendesain rumah, rancang konsep dapur sebaik mungkin. Konsep dapur berbentuk L bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan bentuk L, kamu dapat memanfaatkan area sempit menjadi lebih luas karena bagian pojok tetap terpakai. Desain ini berupa dua buah counter yang tertata pada sudut siku-siku. Tentu memudahkan kamu dalam bergerak kesana kemari dan tidak akan sesak walaupun ditempati lebih dari satu orang. 

Buat daftar prioritas
Terlalu banyak peralatan, dapur justru bisa membuat bingung saat memasak. Sebelum meletakkan peralatan dapur pada tempatnya, buatlah daftar peralatan dari yang paling penting. Setelah itu, kamu tata dengan baik pada tempat yang tepat. Untuk barang-barang yang tidak digunakan, simpan saja di gudang atau ruang lainnya agar tidak merusak pemandangan dapur. Beberapa peralatan yang biasanya dibutuhkan adalah pisau, garpu panci, satu set sendok, piring, spatula, cangkir atau gelas dan lain sebagainya. 

Pilih furniture berdasarkan desain dapur
Cara menata dapur minimalis yang tepat adalah dengan memilih furniture yang sesuai dengan bentuk ruang dapur. Misalnya, untuk makan pilih kursi dan meja yang berbentuk lingkaran saja, bak cuci piring yang stainlessteel agar awet dan jangan lupa perhatikan warnanya. 

Pencahayaan yang pas
Untuk dapur, kamu hanya butuh lampu yang digantung pada langit-langit. Tidak usah banyak, tapi cukup satu dengan watt yang terang. Sehingga, memudahkan kamu saat memasak. Selain dari lampu, dapur juga perlu pencahayaan dan udara segar. Jadi, pastikan ada ventilasi udara atau cahaya di dapur. Dengan begitu, sirkulasi udara atau cahaya akan membuat ruangan dapur kamu terjaga kesehatannya.