Selasa, 30 Januari 2018

Cara Menghilangkan Mata Merah Dengan Cepat

mata merah sehatmagz.com

Mata Anda sering dianggap sebagai jendela dalam jiwa Anda, jadi bisa dimengerti bahwa Anda tidak ingin kedua mata Anda merah dan sakit. Mata merah bisa terjadi bila pembuluh darah di permukaan mata melebar. Hal ini bisa terjadi bila benda asing masuk ke mata Anda atau ketika ada infeksi. Umumnya, mata merah bersifat sementara dan cepat sembuh. Tapi, perlulah mencari cara menghilangkan mata merah agar tidak mengganggu aktivitas.  

Mata yang merah biasanya terasa pedih dan tidak jelas saat melihat benda-benda didepan. Solusi yang biasanya diambil banyak orang adalah memberika obat mata. Obat yang tepat untuk mata merah bergantung pada penyebab spesifiknya. Selain mengaplikasikan obat tetes atau salep mata, Anda juga bisa melakukan beberapa cara menghilangkan mata merah di bawah ini!

Kompres hangat
Rendam handuk di air hangat dan peras. Area di sekitar mata sensitif, sehingga menjaga suhu pada tingkat yang wajar. Letakkan handuk di mata selama sekitar 10 menit. Panas bisa meningkatkan aliran darah ke daerah tersebut. Hal ini juga dapat meningkatkan produksi minyak pada kelopak mata Anda. Hal ini memungkinkan mata Anda untuk menciptakan lebih banyak minyak pada mata.

Kompres dingin
Jika kompres hangat tidak bekerja, Anda bisa melakukan pendekatan sebaliknya. Handuk yang direndam dalam air dingin, lalu diperas juga bisa memberi kelegaan jangka pendek untuk gejala mata merah. Hal ini dapat meredakan pembengkakan dan mengurangi gatal apapun dari iritasi. Pastikan untuk menghindari suhu ekstrem di area sekitar mata Anda atau mungkin membuat masalah lebih buruk. 

Air mata buatan
Cara menghilangkan mata merah yang efektif adalah dengan membuat air mata buatan. Air mata melumasi matamu dan membantu mata tetap bersih. Kekeringan jangka pendek atau jangka panjang mungkin memerlukan air mata buatan untuk menjaga kesehatan mata. 

Solusi jangka panjang untuk mata merah
Jika Anda rutin mengalami mata merah, Anda mungkin perlu memikirkan pengobatan yang cepat. Anda bisa melakukan perubahan gaya hidup untuk meredakan gejala. Anda juga harus berbicara dengan dokter jika masalah berlanjut. Perhatikan pola makan Anda. Kalau Anda tidak terhidrasi, juga bisa menyebabkan mata Anda menjadi merah. Umumnya, seseorang membutuhkan sekitar 8 gelas air sehari untuk menjaga keseimbangan cairan yang tepat. Mengonsumsi makanan inflamasi berlebihan dapat menyebabkan mata merah. Makanan olahan, produk susu, dan makanan cepat saji bisa menyebabkan mata merah jika dimakan berlebihan.