Selasa, 09 Mei 2017

Tata cara melakukan over kredit rumah



Ketikan banyak orang yang menginginkan rumah dengan melakukan over kredit rumah maka harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana tata cara untuk melakukan over kredit rumah yang benar dan juga benar. Banyak orang yang bertanya bagaimana cara melakukan over kredit rumah yang aman. Oleh karena itu, simak terlebih dahulu ulasan berikut ini.
Mendatangi bank
Dengan kedua belah pihak mendatangi pihak bank terlebih dahulu untuk memberikan kredit kepemilikan rumah. Ketika ke bank penjual wajib untuk membawa surat rumah yang akan dijual sebab pengajuan over kredit ini hanya dapat dilakuakn apabila surat rumah sudah ada. Kemudian penjual dan juga pembeli harus membawa dokumen- dokumen data pribadi seperti ktp, surat keterangan kerja, slip gaji, surat keterangan rumah yang pertama, dan juga foto copy mutasi keungan selama tiga bulan terakhir. Jika melakukan di bank ini akan dapat sertifikat rumah sudah dapat dibalik menjadi nama pembeli namun masih menjadi jaminan di bank dan juga dapat diambil ketika cicilan sudah lunas.

Menggunakan akta notaris
Cara yang kedua adalah melakukan pengoperan ha katas tanah di hadapan akta notaris. Cara ini juga cukup aman walaupun menggunakan akta notaris tidak seaman jika melakukan pengoperan di bank. Akta notaris ini akan membuatkan surat jual beli atas pengalihan ha katas tanah  dan juga bangunan. Kemudian penjual akan menandatangani surat pemberitahuan kepada bank mengenai peralihan ha katas tanah . Dan jika hak tanah sudah berpindah ke pembeli maka penjual sudah tidak memiliki ha katas tanah dan juga rumah. Menggunakan akta notaris inilah yang paling sering digunakan orang untuk melakukan over kredit rumah karena melakukannya pun dapat dirumah dengan dihadapan notaris sehingga sangat menghemat waktu. Kemudian juga sangat menghemat biaya sehingga relative terjangkau dari pada melakukan over kredit rumah melalui bank.
Itulah informasi menganai over kredit rumah yang dapat diberikan kepada Anda. Jika Anda ingin melakukan over kredit rumah sangat dianjurkan jika mencermati terlebih dahulu tata caranya agar Anda juga tidak mengalami kerugian. Semoga bermanfaat dan juga terima kasih.