Rabu, 22 Februari 2017

BIT DAN BYTE ITU APA YA?

Mayoritas masyarakat modern pasti mengenal komputer dan internet, pengolahan data di komputer selalu menggunakan istilah bit dan byte. Kedua istilah ini merupakan hal penting saat proses pengolahan data berlangsung. Jika kamu bertanya-tanya apa sih sebenarnya bit dan byte itu? Nah, mari kita simak bersama Perbedaan Bit dan Byte :
foto:byte.co
Melalui karya ilmiah yang dibuat oleh Claudia E. Shannon, istilah 'bit' pertama kali di kemukakan oleh seorang ilmuan yang sedang bekerja di Bells Laboratories yakni seorang Jhon Tukey pada tahun 1947. Menurut sang ilmuan 'bit' merupakan singkatan dari 'binary digit' yang berarti unit paling terkecil dalam hal komputasi maupun informasi komunikasi setelah di perkenalkan oleh Claudia  sejak tahun 1948. Bit atau binary digit, kata digit disini berarti angka binar untuk setiap data. Dalam penggunaannya bit memiliki 2 nilai yang bisa membedakan dua hal yang bertentangan diantara satu sama lain. Bisa dianggap seperti saklar lampu, kamu pasti tau kan kerja saklar lampu seperti apa? yap benar sekali, bisa 'menyala' atau 'mati', karena hal inilah mengapa bit dapat mengetahui kebenaran setiap penyimpanan data. Bit memiliki lambang 'b' (abjad b kecil) seperti yang tertera dalam informasi jaringan pada ponselmu, maksudnya bit merupakan sebuah nilai dari kecepatan jaringan. Artinya kamu dapat mengetahui kecepatan jaringan selulermu melalui nilai bit yang tertera di ponsel kamu. Bit berisikan digit yang bisa bernilai 'satu' ataupun 'nol'.

Selain bit adapun byte sebagai pelengkapnya, hehe sudah kayak sejoli saja. Tapi memang bisa dikatakan sebagai sejoli sih, karena byte merupakan satuan dari bit. Dalam satu byte pasti berisikan 8 bit, belum diketahui sihmengapa jumlahnya harus delapan digit. Istilah 'byte' pertama kali diperkenalkan juga oleh seorang ilmuan yang sedang bekeja di IBM, sang ilmuan bernama Dr. Werner Buccholz sekitaran tahun 1956, beliau mengemukakan bahwa byte berkeja sebagai satuan penting dalam sistem komputasi. Pada informasi digital byte berbentuk angka-angka biner yang berkumpul menjadi satu sebagai level tegangannya. Dua nilai bitlah yang membentuk byte, di dalamnya berisikan angka-angka mulai dari angka 0 sampai dengan angka 1. Angka 0 menyatakan ketiadaan voltase pada suatu data, sedangkan angka 1 menyatakan bahwa voltase data positif atau konstan. Untuk mengetahui sebuah byte, kamu dapat memperhatikan lambangnya, Byte menggunakan lambang 'B' (abjad b besar) sehingga kamu akan langsung mengetahuinya.

Nah, bagaimana. Sekarang sudah tau kan apa itu bit dan byte, sudah bisa membedakannya kan. Jika kamu berkeinginan menjadi seorang ahli telekomunikasi, disarankan ya kamu harus lebih mencari informasi detail tentang bit dan byte. Karena seorang ahli telekomunikasi akan selalu berhubungan dengan pengolahan data. Terima kasih telah menyimak bersama.