Minggu, 12 Februari 2017

Apakah Skena Musik Itu?

Tahukah kamu apa itu skena musik? Mungkin kamu sedang mencari apa definisi dari skena itu. Kalau kita mau teliti secara harafiahnya, skena itu berasal dari kata "scene". Dengan demikian secara simpel, skena musik adalah kumpulan orang-orang yang menikmati musik tertentu..
Atau bisa juga skena musik itu diartikan sebagai musik independen yang orientasinya lokal. Misalnya grup musik X yang terdapat di kota Y. Skena musik ini muncul sebagai respon atas musik mainstream.  
Nah, kalau kamu mau belajar skena musik Indonesia, ada artikel menarik di GoAheadPeople.com yang membahas lika-liku serta eksplorasi musik ini. Seperti ketika ada kompilasi lagu "Pesta Rap Vol. 1" yang dirilis oleh Musica Studios pada tahun 1995. Di album tersebut berisi lagu dari rapper seperti Boyz Got No Brain dan Black Skin. 


Untuk belajar skena musik Indonesia itu kamu bisa datang ke acara-acara pertunjukan musik ini. Dengan demikian, kamu pun bisa menyelami bagaimana nuansa dari jenis musik ini.
Misalnya kalau di Jakarta, kamu bisa datang ke Jaya Pub. Di sana ada sebuah gig rutin bernama Superbad yang menampilkan band-band dari lokal hingga internasional. Pilihan lainnya ada Thursday Noise atau Humming Mad.
Kalau di Bandung, kamu bisa datangin acara An Intimacy. Acaranya super keren karena diadakan dengan konsep yang baik. Plus sejumlah line up yang siap menghibur kamu semua.
Yang menarik lagi, bukan hanya untuk mendengarkan musik yang ditampilkan. Kamu pun bisa memperhatikan bagaimana gaya atau penampilan dari para musisi ini. Sebab bukan rahasia lagi kalau selama ini tiap musisi itu memiliki ciri khasnya masing-masing. Berkat gayanya itu ikut mendukung karakter musisi.
Contohnya aja seperti Keith Richards. Dikenal sebagai musisi rock yang kerap mengenakan pakaian bernuansa gelap serta menggunakan rantai-rantai ala rock n roll!
Lebih jauh lagi dengan menikmati skena musik Indonesia ini kita bisa memperluas wawasan mengenai musik. Sebba pada tiap setiap skena musik itu memiliki sejarah serta filosofinya sendiri.
Misalnya saja untuk skena musik underground yang mungkin bagi banyak orang awam tak lebih sebagai musik dengan penampilan personelnnya yang yang terlihat menyeramkan.
Tapi sebetulnya kalau kita mau telusuri lebih jauh lagi, skena tersebut merupakan bagian sebuah kultur pergerakan dalam berekspresi. Sebagai sebuah aliran perlawanan yang penuh dengan rasa gotong royong. Biasanya untuk skena underground ini, alirannya ada punk, hardcore maupun metal.
Dengan mengenal lebih jauh tiap skena musik ini bisa membuat pemahaman kita sendiri lebih luas. Tentu diskusi semacam ini tak hanya bisa dilakukan lewat online, tapi kalau kita melihat di situs GoAheadPeople.id itu kerap kali dilakukan ada acara pertemuan atau meet up. Dengan begitu kamu bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat sama. Apalagi ada sosok kreatif yang bisa kamu ambil juga ilmunya.
Ya fenomena semacam ini tentu bagus untuk menambah pemahamanmu mengenai skena musik itu sendiri. Karena kamu bisa belajar lebih banyak dari orang-orang yang paham akan apa yang menjadi minatmu itu.
Terlebih lagi kalau kita coba elaborasikan itu dengan gaya musik lokal. Ini bisa menghadirkan sebuah cita rasa baru yang bisa menjadi kekuatan dalam khasanah musik di tanah air.
Memang pembelajaran mengenai skena musik itu tak perlu bersikap kolaborasi banyak pihak. Beruntung dengan langkah GoAheadPeople.id dalam merangkul banyak komunitas musik diharapkan bisa menjadi salah satu cara dalam memajukan sekaligus memperkaya dunia musik di tanah air.
Bukan semata-mata dengan hadirnya pemusik-pemusik baru, tapi lebih dari bisa membuat banyak orang makin "melek" terhadap apa skena musik itu sesungguhnya.


EmoticonEmoticon