Rabu, 18 Januari 2017

Persiapan Melahirkan Sebelum dan Sesudahnya

Persalinan adalah hal normal yang dijalani setiap wanita yang hamil. Meski telah beberapa kali terjadi, tapi persiapan melahirkan tetap menjadi hal yang membingungkan. Persiapan ini perlu dilakukan jauh-jauh hari ketika usia kehamilan menginjak trimester ke tiga atau sembilan bulan. Persiapan yang matang akan melancarkan proses persalinan dan menenangkan calon ibu. 

Jika Anda masih bingung dengan apa yang harus dipersiapkan, sebaiknya ikuti saja uraian kami berikut ini!
foto:meetdoctor.com

Persiapan menjelang melahirkan
Persiapan fisik dan mental
Agar proses melahirkan lancar, salon ibu dan ayah harus mempunyai fisik yang sejat dan mental yang kuat. Calon ibu wajib melakukan cek kesehatan untuk memastikan kondisinya untuk melahirkan. Selain itu, calon ibu harus menjaga pikirannya agar tidak stres karena khawatir pada proses persalinan. Sedangkan peran calon ayah adalah menguatkan istrinya supaya bisa mengahadpi proses persalinan dengan lancar. Jadi, keduanya harus sehat fisik dan mental. 

Cara melahirkan dan tempat melahirkan
Persiapan melahirkan selanjutnya adalah pilih cara dan tempat melahirkan. Ada banyak sekali cara melahirkan selain normal dan sesar. Anda bisa mencari informasi melalui internet atau teman. Baca dengan jelas, kemudian baru pilih cara melahirkan yang sesuai keinginan Anda. Setelah memilih cara melahirkan, pilihlah tempat melahirkan yang nyaman. Apakah di rumah sakit atau di klinik? Cara dan tempat melahirkan dapat membuat calon ibu tenang dan nyaman. 

Transportasi
Saat-saat terakhir usia kehamilan, periksalah keadaan mobil atau alat transportasi lainnya yang ada di rumah Anda untuk persalinan. Cek mesin, surat-surat dan lainnya, pastikan semuanya dalam kondisi baik. Usahakan mobil atau kendaraan lain siap membawa calon ibu dan bayinya untuk menjalani proses kelahiran. 

Selalu menjaga kebersihan diri
Menjaga kebersihan diri dan lingkungan merupakan bagian persiapan melahirkan yang tidak boleh diabaikan. Menjaga kebersihan bisa menghindari terjangkitnya infeksi yang berdampak pada calon ibu dan bayi dalam kandungan. 

Perlengkapan selama persalinan
Jika sudah menginjak usia 9 bulan, segera beli perlengkapan untuk sang ibu dan bayi. Belilah kain popo, selimut, baju ibu menyusui, bra ibu menyusui, bedak bayi, minyak telon bayi, pakaian bayi dan semuanya. Taruhlah di dalam tas, sehingga jika sewaktu-waktu terjadi kontraksi Anda bisa membawanya dengan cepat. Jadi, tak terlalu lama menunggu barang bawaan. 

Demikianlah persiapan melahirkan yang perlu diperhatikan oleh calon ibu dan Ayah. Siapkan secara lahir dan batin, jangan sia-siakan anak Anda.