Selasa, 25 Oktober 2016

Kiagus Calon Kuat Menjadi Kepala PPATK

Jakarta - Kiagus Ahmad Badaruddin Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan menjelaskan, beliau diajukan oleh Sri Mulyani (Menteri Keuangan) agar menjadi calon Kepala PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi). Beliau juga dianjurkan untuk bersiap-siap sambil menunggu putusan dari Presiden RI Bapak Jokowi selaku pemegang keputusan.

"Saya mendengar ibu Menteri mengakatan bahwa saya mau ditugaskan, tetapi menunngu keputusan bapak Jokowi" Kiagus menjelaskan ketika dihubungi Tempo, Pada Selasa, 25/10/2016. Beliau menambahkan, sebagai abdi negara saya siap ditugaskan di mana saja.
Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan Kiagus Ahmad Badaruddin. (Foto: Ttjen.kemenkeu.go.id)
Kiagus gadang-gadang akan menduduki jabatan Kepala PPATK yang baru, mengeser posisi Muhammad Yusuf. Tetapi beliau menjelaskan bahwa ia belum mendapatkan keterangan yang jelas dari istana. "Saya sama sekali belum terima, saya belum mengetahui," kata mantan Sekjen Kementrian Keuangan RI ini.

Jubir Kepresidenan Johan Budi Sapto Prabowo menjelaskan bahwa masih tidak mengetahui siapa yang akan menjadi Kepala PPATK pilihan bapak presiden. Johan meminta waktu sampai besok untuk mengkorfirmasi kebenarannya.

Presiden mempunyai hak prerogatif untuk menentukan kepala dan wakil kepala PPATK, karena pada hari Rabu, 26 Oktober 2016 nanti merupakan akhir masa jabatan kepala dan wakil kepala PPATK.  . 

Pratikno selaku Menteri Sekretariat Negara menjelaskan, kriteria ketua PPATK yang menjadi acuan bapak Jokowi, karekter yang berintegritas, akuntabel, mampu menjaga data sebaik mungkin, serta mematuhi undang-undang saat memakai data sensitif. (Sumber: tempo.co)